Pages - Menu

Rabu, 05 September 2012

Spek install Linux Redhat dan Debian


LINUX… mungkin bagi orang yang tiap hari pegang computer udah nggak asing lagi dengan yang namanya LINUX… apalagi distro turunan LINUX seperti RedHat, Debian, dan Mikrotik. Wah, mereka pasti punya berjuta-juta ilmu tentang LINUX tersebut…
Namun, JUJUR, bagi saya sendiri yang memposting ini, saya tidak begitu mengenal yang namanya LINUX. Saya sendiri baru mengenal LINUX di kelas 1 SMK. Dulu yang saya tahu ya,,, hehehe… LINUX itu plesetan ya??? Tapi setelah sedikit berkenalan, saya jadi sedikit tahu tentang LINUX dan turunannya. Meskipun baru belajar lewat aplikasi VIRTUALBOX.
Sebetulnya tidak ada salahnya untuk belajar tentang system operasi yang satu ini. Meskipun lebih rumit daripada windows, tapi… mempelajarinya akan sangat lebih mengasyikan seperti ketika berkenalan dengan windows.
Aku sangat ingin sekali berbagi pengetahuan tentang LINUX Redhat, Debian, dan Mikrotik. Dan sekarang pun aku sedang balajar sedikit-sedikit tentang mereka. Namun sebelum memulai mengoperasikannya, pasti kita harus melakukan yang namanya “instalasi”. Dan sebelum menginstal, kita harus tahu spesifikasi hardware untuk LINUX tersebut, berikut beberapa infonya:
1.       Spesikasi minimum hardware untuk Linux RedHat
a.       Prosesor:
-          Pentium I 200 (untuk mode text)
-          Pentium II 400 (untuk mode grafik)
-          Rekomendasi Pentium III 600 MB ke atas
b.      Hard disk :
-          475 MB (Untuk custom installation)
-          850 MB (Untuk Server)
-          1,7 GB (Untuk Personal Desktop)
-          2,1 GB (Untuk Workstation)
-          Rekomendasi 10 GB ke atas
c.       RAM:
-          Memory : 64 MB (untuk mode text)
-          128 MB (Untuk mode grafik)
-          Rekomendasi 256 MB agar berjalan dengan baik
d.      CD ROM drive
e.      Power Supply AT 20pin
f.        Keyboard dan mouse
g.       VGA? Aku sarankan 32MB juga bisa kok               
Sebelum menginstalas Redhat Linux, kalian harus tah bahwa sistem operasi Redhat Linux beda dengan sistem operasi Windows. Redhat Linux butuh partisi hard disk minimal jadi 2 bagian yaitu sebagai /root dan swap. Besarnya nilai partisi dari /root dan swap dapat diatur sesuai kebutuhan. Swap merupakan penyimpanan data sementara selama proses berlangsung hampir mirip dengan virtual memory di Windows. Linux dapat mempunyai partisi lain seperti /usr, /boot dan /var.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers