Pages - Menu

Rabu, 05 September 2012

speksifikasi minimum untul menginstal OS


Untuk para anak TKJ seperti saya, pasti udah nggak asing lagi dengan yang namanya INSTAL OS ke PC. Mereka pasti udah terbiasa dengan “apa yang harus mereka persiapkan?” sebelum mereka menginstal OS tersebut.
Mereka pasti juga sudah mengetahui tentang spesefikasi apa saja yang harus ada agar instalasi berjalan sukses. Namun kadang spesifikasi mereka juga ada yang high level, atau bahkan spesifikasi hanya Pentium III.
Namun tak ada salahnya jika REhayashi berbagi ilmu lagi tentang spesifikasi minimum hardware untuk beberapa OS. Itung-itung ini untuk berbagi ilmu untuk anak-anak TKJ yang baru mengenal IT.  Chekidot untuk spek yang akan kita bahas. Ingat, ini hanya spek minimum. Jadi jika spek hardware kalian di atas level yang akan disebutkan, bersyukurlah kalian semua karena memilikinya… J

1.       Spesifikasi minimum hardware untuk WINDOWS XP
a.       Prosessor minimal kelas PENTIUM III  300MHz
b.      RAM minimal sebesar 64MB
c.       Harddisk drive 2GB
d.      CD-ROM drive
e.      Resolusi VGA 800 x 600, atau 32MB jika menggunakan VGA tambahan
f.        Keyboard dan mouse second pun tak masalah
g.       Power Supply AT 20 pin
Spek di atas jika kalian memang hanya ingin sekedar mencoba menginstal. Jika Komputer yang digunakan untuk keperluan pribadi atau sekolah, lebih baik spesifikasinya lebih besar daripada yang saya sebutkan tadi. Ini agar saat booting, mengoperasika, dsb, TIDAK LOLA.
2.       Spesifikasi minimum hardware untuk WINDOWS 7
a.       Prosesor kelas PENTIUM 4 dengan kecepatan minimal 1GHz
b.      RAM minimal harus 1GB, tidak boleh kurang
c.       Harddisk drive 16GB
d.      DVD ROM drive, jangan pakai CD ROM
e.      VGA minimal harus 128MB untuk support AERO dan DIRECTX-9
f.        Keyboard dan mouse yang masih berfungsi
g.       Power Supply ATX 24pin
Spek ini memang terlampau tinggi ya… Windows 7 adalah salah satu Windows OS dengan tampilan grafis yang sangat bagus (menurut saya).  Terus cara mengoperasikannya juga tidak sulit, apalagi ini OS yang sudah cukup baru. Jadi wajar jika speknya sangat tinngi sekali.
Namun jika computer kalian seperti spek minimum windows7 ini, saya sarankan computer diinstal Windows XP saja, jadi XP anda tidak terlalu LOLA dan sanggup bekerja secara maksimal.
Sekian dulu postingan dari saya hari ini. Mohon kritik dan sarannya. Dan saya juga minta tolong untuk membantu saya dalam mengelola blog ini. Semoga ke depannya saya dapat berbagi informasi lagi untuk semua orang yang baru belajar TKJ seperrti saya. Terima kasih…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers